fabulouscrack.com – Bhopal Gas Tragedy (1984) merupakan salah satu bencana industri terburuk dalam sejarah, terjadi pada malam tanggal 2-3 Desember 1984, di Bhopal, Madhya Pradesh, India. Berikut adalah beberapa poin penting terkait Bhopal Gas Tragedy (1984) :

  1. Kebocoran Gas:

    Kebocoran gas metil isosianat dari pabrik pestisida Union Carbide India Limited (UCIL) menyebabkan paparan gas beracun ke udara sekitar pabrik dan permukiman di sekitarnya. Sebab pasti kebocoran tersebut masih diperdebatkan, tetapi diyakini bahwa sejumlah faktor teknis dan kesalahan manajemen berkontribusi pada kejadian tersebut. Baca Juga Narkotika

  2. Dampak Kesehatan yang Parah:

    Lebih dari 500.000 orang terpapar gas beracun dalam beberapa jam pertama setelah kebocoran. Korban mengalami berbagai gejala termasuk iritasi mata dan tenggorokan, kesulitan bernapas, muntah-muntah, dan pingsan. Lebih dari 3.800 orang meninggal dalam beberapa hari setelah tragedi, dan sekitar 500.000 orang menderita cedera dan masalah kesehatan jangka panjang. Baca Juga Seputar Dunia Games

  3. Reaksi Darurat dan Evakuasi:

    Tanggapan awal terhadap kebocoran gas tersebut terhambat oleh kekurangan peralatan darurat dan pelatihan yang memadai. Upaya evakuasi juga terhambat oleh kurangnya pengetahuan tentang cara yang aman untuk melarikan diri dari paparan gas beracun.

  4. Krisis Lingkungan:

    Selain dampak kesehatan manusia, kebocoran gas juga menyebabkan kerusakan lingkungan yang serius. Pencemaran tanah dan air di sekitar pabrik UCIL menyebabkan kerusakan jangka panjang terhadap lingkungan dan mata pencaharian petani setempat.

  5. Pertanggungjawaban Hukum dan Ganti Rugi:

    Tragedi ini memicu proses hukum panjang dan kontroversial antara pemerintah India, perusahaan Union Carbide, dan para korban. Pada tahun 1989, Union Carbide setuju membayar $470 juta sebagai ganti rugi kepada pemerintah India dan para korban, meskipun banyak yang mengkritik jumlah tersebut sebagai tidak memadai.

Tragedi Gas Bhopal terus menjadi peringatan tentang konsekuensi serius dari kegagalan keamanan industri dan perlindungan lingkungan, serta perlunya tanggung jawab perusahaan terhadap keselamatan dan kesejahteraan masyarakat yang terkena dampak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *